Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan


Identitas Buku

Judul Buku: Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan
Penulis: Hamka
Penerbit: Gema Insani
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 136 hlm. 
ISBN: 978-602-250-36-4
Sampul: soft cover
Bahasa yang digunakan: bahasa Indonesia
Platform membaca: buku cetak (harga Rp45.000)

Blurb

Sebagai sebuah karya yang menyoroti perempuan dalam pandangan Islam, buku Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan membahas kemuliaan seorang perempuan dan berbagai peranannya dalam lini kehidupan. Betapa sering kita mendengar bahwa Islam dianggap tidak memuliakan perempuan dengan adanya pembatasan tertentu. Namun, melalui buku ini, Hamka menyampaikan pemuliaan dan hakikat perempuan dalam Islam yang telah dijelaskan pada Alquran dan hadits dengan keindahan bahasa dan diksi yang penuh makna. Kita akan menyadari bahwa perempuan merupakan ciptaan-Nya yang istimewa dengan segala apa yang ada pada dirinya. 


Sinopsis

Buku ini menguraikan bahwa justru perempuan sangat dimuliakan dalam Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan dalil-dalil, baik dari Alquran maupun Sunnah serta sejarah hidup Rasulullah, sahabat, dan generasi salih. Dengan berkembangnya zaman dan makin pesatnya arus informasi dan teknologi, ternyata tidak membuat isu seputar feminisme, perempuan, dan pandangan Islam terhadap perempuan meredup atau hilang. Namun, justru para pengusung liberalisme yang tidak menyukai cara Islam melindungi, memuliakan, dan menghormati perempuan, terus melakukan perang pemikiran.


Ulasan Singkat

Hal yang mendorong saya memutuskan membeli judul ini (dari sekian banyak buku Buya Hamka) adalah judulnya 'tentang perempuan'. Di tengah gempuran pendapat, idealisme, dan beragam hal seputar perempuan yang begitu kompleks, Buya Hamka menulis sebuah buku tentang perempuan dengan jumlah halaman yang sedikit saja. 

Buku yang terdiri atas 14 bagian ini membahas secara ringkas tentang perempuan, kedudukan perempuan dan laki-laki, kemuliaan perempuan, yang dijelaskan dengan sumber dalil Alquran dan hadits, teladan Nabi Muhammad, bahkan logika yang dipaparkan oleh Buya Hamka sendiri. Penuturannya tersebut menjadi balasan sekaligus bantahan terhadap sudut pandang perempuan versi Barat atau liberal. 

Buku Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan boleh saya katakan wajib dibaca oleh umat Muslim semua kalangan, terutama untuk yang penasaran tentang isu-isu perempuan serta merasa silau dan keren terkait isu feminisme. Buku 'saku' ini ringan dibahas, tetapi berbobot isinya, diperindah dengan tutur Buya Hamka dengan bahasa Melayu-Indonesia. Sebelum membaca buku-buku tentang perempuan yang lebih 'berat', saran saya lebih baik terlebih dahulu membaca buku yang mendasar ini.

Ulasan lengkap dan mendalam tentang buku Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan bisa dibaca di: Ketika Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan; Sebuah Ulasan.



Posting Komentar

0 Komentar