Membuat Anak Gila Membaca


Identitas Buku

Judul Buku: Membuat Anak Gila Membaca
Penulis: Mohammad Fauzil Adhim
Penerbit: Pro-U Media
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman: 284 hlm. 
ISBN: 978-602-7820-22-7
Sampul: soft cover
Bahasa yang digunakan: bahasa Indonesia
Platform membaca: buku cetak (harga Rp54.000)

Blurb

Perintah pertama yang disampaikan Allah Ta’âlâ kepada kita adalah membaca. Iqra` bismirabbikal-ladzî khalaq! Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan (QS Al-’Alaq [96]: 1). Mengapa membaca? Allâhu a’lam. Hanya Allah yang Tahu. Kita hanya bisa mencoba menggali hikmahnya. Ada apa di balik membaca? Apa pentingnya membaca sehingga selama berpuluh tahun para ahli mencurahkan perhatian yang sangat besar untuk melakukan penelitian tentangnya?

Mohammad Fauzil Adhim—sarjana psikologi, penulis produktif buku-buku bertema keluarga dan pendidikan anak—ingin berbagi pengalamannya yang luas tentang membaca. Berbeda dengan edisi lamanya, pada edisi ini Fauzil tidak sekadar memberikan teknik-teknik membaca untuk anak, namun lebih penting dari itu, bagaimana para orang tua mampu menumbuhkan minat membaca yang kuat pada anak-anak.

Sebagaimana kesungguhannya yang tampak pada buku-buku lainnya, pada buku ini Fauzil juga sengaja menghadirkan berbagai riset ilmiah dan paling mutakhir tentang teori dan teknik membaca untuk anak-anak, memberikan catatan dan koreksi seperlunya pada teori dan teknik lama.

Siapa pun orang tua yang menghendaki anak-anaknya menjadi generasi ulil-albâb—berpikiran cemerlang, berakhlak mulia, dan berperasaan penuh kasih—sudah seharusnya membaca buku yang enak dibaca dan amat penting ini.


Ulasan Singkat

Saya kira, tulisan yang terdapat pada bagian blurb sudah mewakili isi buku dan kelebihan buku secara ringkas dan tepat. Seperti judulnya, buku ini memberikan solusi dan contoh teladan bagaimana cara membuat anak 'gila membaca'. Hal paling utama dari buku ini adalah membuat anak tertarik dengan buku dan aktivitas membaca hingga serta gemar dan mencintai membaca, bukan sekadar bisa dan pintar membaca. Penulis juga mengangkat alasan mendasar secara ilmiah dan islami tentang mengapa seseorang perlu rajin dan gemar membaca buku. 

Beberapa bahasan yang terdapat di dalam buku ini di antaranya sebagai berikut.
- Cara memberi pengalaman pramembaca agar terasa mengasikkan.
- Cara menjadikan membaca sebagai kegiatan yang mengasikkan.
- Cara menciptakan waktu-waktu yang kondusif untuk membaca.

Selain tiga poin tersebut, penulis juga memberikan tips agar cinta kepada buku dan membaca yang membara sejak dini ini tidak lekas dan kunjung padam meski sudah dewasa. Oleh karena itu, menurut saya, beberapa bagian dalam buku ini juga bisa menjadi refleksi untuk para orang dewasa. Buku ini pun cocok dibaca tidak hanya untuk orang tua yang memiliki anak, melainkan juga bagi mereka yang memiliki murid, adik, keponakan, dan sebagainya. 

Ulasan lebih lengkap dan mendalam tentang Membuat Anak Gila Membaca bisa dibaca di: Ulasan Buku Parenting Membuat Anak Gila Membaca.

Posting Komentar

0 Komentar